MUSIK SEBAGAI INTERAKSI MASYARAKAT CINA
Seperti
yang kita tahu bahwa dunia kesenian
temasuk seni musik di dalamnya
merupakan bagian dari kebudayaan yang tak terpisahkan dari peradaban
manusia, masyarakat atau suatu budaya bangsa. Bahkan patokan tinggi-rendahnya
peradaban suatu masyarakat atau sebuah bangsa dapat ditelusuri dari nilai-nilai
terkandung didalamnya, termasuk dari ciri khas karya keseniannya. Karena karya
seni (musik) merupakan refleksi perasaan, pikiran, atau cerminan Interaksi
sosial dari nilai-nilai kehidupan yang ada dalam masyarakat tersebut. Melalui
musik ini pula kita dapat belajar tata nilai baik sosial-budaya, spiritual,
religius, maupun interaksi antarmanusia dalam kehidupan suatu masyarakat,
bangsa atau negara.
Masyarakat
awam pada umunya pun sudah tau jika Musik sangat menjadi bagian hidup dalam
masyarakat Cina. di Indonesia contohnya adanya pagelaran barongsai pada hari
besar Imlek, dilihat dari sejarah barongsai ialah sebuah upacara ritual dalam
pengusiran roh-roh jahat terhadap wilayahnya agar warga atau masyarakat
terhindar dari kejahatan, warga china percaya bahwa dengan menciptakan
suara-suara bising atau berisik pada musiknya membuat roh-roh jahat tidak
menaungi wilayahnya. Kegiatan ini dilakukan sampai sekarang dan juga masuk
keapada ritual keagamaan,
Pada
masayarakat Cina, peran musik bagi masyarakatnya bukan hanya sebatas hiburan
bahkan lebih pada itu. Dikutip pada sebuah Jurnal MUSIK ORIENTAL. tahun 2015
dengan Judul Musik Cina (Tionghua) Oleh Edmun Tanjaya dijelaskan Musik di Cina dipercaya telah memiliki
sejarah yang panjang, yang dimulai pada awal peradaban Cina
dengan dokumen dan artefak yang memberikan bukti bahwa budaya musik
Cina telah ada dan berkembang sejak 8000 SM. Disana juga dijelaskan bahwa musik
dalam masyarakat china juga digunakan sebagai upacara, Opera, Keagamaan, Musik
Istana, bahkan dalam Perperangan
Musik
cina tumbuh dan berkembang secara Oral dalam masyarakatnya, oral disini
dimaksud kan penyampaian secara lisan dan masyarakat mengerti dan paham terhadap
budaya tersebut, dikutip dari buku Bruno Nettl “The Study of Ethnomusicologi”
Bab 21 tentang Recorded, Printed, Written
Oral: Tradition. “perbedaan antara transmisi lisan dan tertulis tampak sebagai paradigma
definisional utama. Beberapa penulis, seperti George List (1979b), sebenarnya
berlabel etnomusikologi sebagai studi musik dalam tradisi lisan, dan musik
rakyat, salah satu perbendaharaan diagnostiknya, sering secara luas
didefinisikan sebagai musik yang diwariskan dari mulut ke mulut (Herzog). 1950:
1032), dan garis tajam yang ditarik antara dua jenis tradisi. Dan sejak awal,
sudah, beberapa tokoh paling menonjol di lapangan menunjukkan bahwa masalah itu
tidak begitu sederhana, mencatat pentingnya memahami proses ingatan, bahwa
"aural" (dari "mendengar") adalah istilah yang lebih baik
daripada "Lisan," dan bahwa ada berbagai jenis transmisi.”
Musik
dalam seni pertunjukan Opera china merupakan peran musik yang juga penting
dalam interaksi masyarakatnya dijelaskan disebuah artikel New world Encylopedia dengan Judul “Music Of China” mengatakan
musik dalam opera china memberi kesan tersendiri pada sebuah opera yang
ditampilkan, Opera sendiri bermaksud untuk penyampaian pesan kepada masyarakat,
Nasehat, maupun sebuah Informasi, Dalam hal membangkitkan misteri dan pesona
China kuno, sedikit seni dapat dibandingkan dengan Opera China dengan pakaianya
berwarna-warni, nyanyian dengan nada tinggi khas yang disela oleh bunyi gong,
dan isyarat rumit yang kaya akan simbolisme. “ Meski ada tantangan serius dari
bentuk hiburan lain yang lebih modern, seni pertunjukan tradisional China dalam
bentuk opera Kanton terus bertahan di Hong Kong sebagai karya indah tak
terpupus oleh waktu ” ujarnya.
Masyarakat Cina sangat
menghormati musik mereka, karena setiap kegiatan kehidupan masyarakat yang tak
terlepas dari musik membuat musik menjadi bagian penting dari kehidupan
sehari-hari selain digunakan dalam upacara keagamaa, adat, Opera, musik juga
digunakan untuk pengobatan spiritual atau terapi, dijelaskan pada sebuah Jurnal “DEFINING MUSIC THERAPY:
INTEGRATING THE CHINESE PERSPECTIVE AND THE UNITED STATES-INFUENCED MODEL OF
MUSIC THERAPY” (2015) Oleh Bing Li, beliau secara umum mengatakan Terapi musik merupakan bagian dari pengobatan Tiongkok
kuno, dan keduanya memiliki saling keterkaitan dan hubungan yang berkelanjutan.
Musik, teori Yin (negatif) dan Yang (positif) serta lima elemen (air, api,
tanah, kayu, logam) saling berhubungan.ya juga menatakan Para leluhur Tiongkok berpendapat esensi
musik adalah Tao, yang berasal dari perubahan Yin dan Yang, kekuatan yang
mengatur kehidupan, nada dan suasana alam semesta. Perpaduan yang tepat antara
irama, warna nada (timbre), energi dan faktor-faktor lainnya mencerminkan Tao
dari Yin dan Yang. Orang Tiongkok kuno membagi musik kedalam lima nada, yang
mewakili lima unsur. Ada sebuah pepatah Cina mengatakan “Keharmonisan antara
musik dan manusia, keharmonisan antara langit dan manusia adalah satu”.
Dapat disimpukan
bahwa dalam masyarakat Cina musik sangat berperan dalam sebuah interaksi budaya
mereka, banyak kegiatan kehidupan sehari-hari masyarakat berhubungan dengan musik mereka. Menurut filsuf Plato asal
Athena – Yunani (427 – 347 SM), bahwa musik mempunyai peran cukup kuat dalam
kehidupan negara. Dalam bukunya yang sangat terkenal yakni Republik, filsuf
yang banyak memberi sumbangan pemikiran di bidang filsafat, etika, estetika dan
kenegaraan ini juga menyinggung tentang pentingnya peran musik dalam kehidupan.
Termasuk didalamnya bahwa musik memiliki pengaruh cukup kuat di bidang politik
Musik bisa untuk kekuatan, kebaikan maupun kejahatan. Bahkan disebutkan
kejayaan atau keruntuhan suatu negara dapat disebabkan musik, dan bisa saja
musik Cina Juga dikatakan seperti pernyataan diatas.
Ainal Syabri.
ETNOMUSIKOLOGI USU ETNOMUSIKOLOGI ISI ETNOMUSIKOLOGI IKJ ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI ETNOMUSIKOLOGI MENURUT TIMOTHY RICE ETNOMUSIKOLOGI USU 2017 ETNOMUSIKOLOGI ISI SURAKARTA ETNOMUSIKOLOGI UNMUL ETNOMUSIKOLOGI PDF ETNOMUSIKOLOGI MENURUT SHIN NAKAGAWA ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI ADALAH ETNOMUSIKOLOGI ARTINYA ARTI ETNOMUSIKOLOGI ALUMNI ETNOMUSIKOLOGI USU ETNOMUSIKOLOG ADALAH ARTIKEL ETNOMUSIKOLOGI AKREDITASI ETNOMUSIKOLOGI USU APA ETNOMUSIKOLOGIJURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ADALAH BUKU ETNOMUSIKOLOGI BELAJAR ETNOMUSIKOLOGI LATAR BELAKANG ETNOMUSIKOLOGI JUAL BUKU ETNOMUSIKOLOGI CONTOH ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI DI USU ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA DEFINISI ETNOMUSIKOLOGI DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USDOSEN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA DISIPLIN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI DI USU PERKEMBANGAN ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA NIP DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USU ARTI DARI ETNOMUSIKOLOGI FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI USU FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI FUNGSI ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI MENURUT GEORGE LIST ETNOMUSIKOLOGI ITU APA ILMU ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI SOLO JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI IKJ JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI USU JURNAL ETNOMUSIKOLOGI JURNAL ETNOMUSIKOLOGI USU JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI UNMUL ETNOMUSIKOLOGI ISI JOGJA KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI KURIKULUM ETNOMUSIKOLOGI USU KONSEP ETNOMUSIKOLOGI PELUANG KERJA ETNOMUSIKOLOGI PROSPEK KERJA ETNOMUSIKOLOGI ARTI KATA ETNOMUSIKOLOGI LAPANGAN KERJA ETNOMUSIKOLOGI LOWONGAN KERJA ETNOMUSIKOLOGIOBJEK KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI UJIAN KETERAMPILAN ETNOMUSIKOLOGI LULUSAN ETNOMUSIKOLOGI PENELITIAN LAPANGAN ETNOMUSIKOLOGI RUANG LINGKUP ETNOMUSIKOLOGI PEKERJAAN LULUSAN ETNOMUSIKOLOGI MAKALAH ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA ETNOMUSIKOLOGI USU METODE ETNOMUSIKOLOGI MATERI ETNOMUSIKOLOGI MAKSUD ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI NTNUNATAL ETNOMUSIKOLOGI USU 2015 ETNOMUSIKOLOGI OG MUSIKKVITENSKAP PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI PENGANTAR ETNOMUSIKOLOGI PENDEKATAN ETNOMUSIKOLOGI
Comments
Post a Comment