MAMFAAT PEMBELAJARAN MUSIK DUNIA DALAM KONTEKS DISIPLIN ETNOMUSIKOLOGI


Musik Dunia tidak akan pernah lepas dari kajian Etnomusikologi, karena semua musik menjadi bahan kajian Etnomusikologi, bedanya dengan Musikologi, dalam Penjelasan Etnomusikologi lebih terperinci terhadap teori, sejarah maupun sumber yang akurat dengan diteliti secara mendalam oleh etnomusikolog etnomusikolog, dengan konsep yang mereka pelajari
Secara jelas dipaparkan Harjo Susilo memang bahwa tugas Etnomusikologi adalah Suatu Ilmu Musik dengan Pengkajian mengumpulkan data meneliti serta Menjadikanya sebagai Informasi atau disimpan jjika sewaktu-waktu dibutuhkan, metode lapangan dengan demikian adalah seluas masalah dalam Etnomusikologi seperti halnya dalam penelitian yang lain. Metode sangatlah dekat berhubungan dengan masalah orientasi teoretis dan meliputi desain penelitian, termasuk perumusan masalah, hipotesis, tujuan,dan teknik metodologis. Peneliti menganggap studi Etnomsikologi bukan hanya sebagai studi musik dari aspek oralnya tetapi juga dari aspek sosial, budaya, psikologi, dan estetik.
Sebagai sebuah disiplin ilmu, Etnomusikologi dengan secara transparan dibilang sebagai dua kelompok disiplin, yaitu ilmu humaniora dan ilmu sosial sekaligus. Selain itu pula, sangat dirasakan perlunya memanfaatkan ilmu2 lain, terutama yang berkaitan dengan organologi, akustik, dan artefak. Etnomusikologi, pada waktu ini, memberikan kontribusi keunikannya dalam hubungannya yang bekeja bersama aspek-aspek ilmu pengetahuan sosial dan aspek-aspek ilmu humaniora, dalam caranya untuk melengkapi satu dengan lainnya, dan saling keterkaitan antara satu dengan yang lain.  Keduanya akan dianggap sebagai hasil akhir darinya sendiri; dengan beberapa ilmu tadi Etnomusikologi dapat mengembangkan ilmu – ilmu tersebut.
Sebagai mahasiswa Etnomusikologi mempelajari Musik dunia sangatlah penting. Setiap wilayah memiliki kebudayaan sendiri begitu juga dengan musik, peran etnomusikolog disini ialah dapat menciptakan sifat kebudayaan yang universal dan dinamis.
Sifat kebudayaan yang universal diantaranya ilmu pengetahuan, nilai, pandangan hidup, persepsi, kepercayaan, Ilmu pengetahuan merupakan disini manusia berpikir betapa pentingnya pengetahuan bagi mereka. Sehingga mereka belajar dari lingkungan sekitar, yaitu melalui proses sosialisasi yaitu proses belajar. Yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, bodoh menjadi pintar. Kemudian, nilai merupakan sesuatu yang dianggap penting, beharga, berguna. Dari sistem pengetahuan di atas, jadilah sebuah nilai, dimana pengetahuan sangatlah penting bagi manusia agar ia dapat melangsungkan hidupnya. Kemudian, pandangan hidup merupakan nilai-nilai yang dianut seorang manusia yang diyakini kebenarannya, dan menimbulkan tekad pada seseorang untuk mewujudkannya
Banyak para ahli yang memiliki perbedaaan pendapat terhadap  Pemahaman Etnomusikologi sendiri seperti Wiliam P. Malm menegaskan bahwa etnomusikologi adalah studi ilmiah musik yang terdapat dikebudayaan kebudayaan dunia atau subkulturnya, baik yang berkaitan dengan suara aktual dan praktik pertunjukan, maupun hubungan dengan kebudayaanya secara sepesifik. Disini dapat disimpulkan bahwa Musik dunia sangat diperlukan menjadi kajian etnomusikologi. Secara awam maamfaat mempelajari budaya “Asing” adalah menambah pembendaharaan musik seorang etnomusikolog, seperti musik Classic, folk maupun tribal yang menjadi kosumsi etnomusikolog sehari-hari, sehingga kita dapat menghubungkan dan menemukan unsur unsur budaya baru dalam kajian musik dunia.
Dalam pemahaman ilmunya,  etnomusikologi adalah ilmu yang Fleksibel dan mendalam dalam kajianya, Etnomusikologi biasanya secara tentatif paling tidak menjangkau lapangan-lapangan studi lain sebagai suatu sumber stimulasi baik terhadap etnomusikologi itu sendiri maupun disiplin saudaranya, dan ada beberapa cara yang dapat dijadikan nilai pemecahan terhadap masalah-masalah ini.  Studi teknis dapat memberitahukan kita banyak tentang sejarah kebudayaan. 
Fungsi dan penggunaan musik adalah sebagai suatu yang penting dari berbagai aspek lainnya pada kebudayaan, untuk mengetahui kerja suatu masyarakat.  Musik mempunyai interelasi dengan berbagai tumpuan budaya; ia dapat membentuk, menguatkan, saluran sosial, politik, ekonomi, linguistik, religi, dan beberapa jenis tata tingkah laku lainnya. 
Mengapa musik Barat Menjadi Pembahasan dalam kajian etnomusikologi?, karena kebudayaan selalu beradaptasi dengan situasi tertentu. Ide gagasan tentang musi, organisasi sosial musik serta kebudayaan material musik berbeda dari satu kebudayaan dengan kebudayaan lainya, hal itu juga bberlaku kepada budaya musik dan sistem musik tiap budaya, masyarakat Oriental Asia maupun Eropa memilki pemahaman sendiri terhadap musiknya. Karena perbedaan  dan keberagama sistem musik dunia adalah ciri kebudayaan musik dunia yang harus dipelihara, itulah tugas pokok dari seorang etnomusikologi tadi.
Ainal Syabri


ETNOMUSIKOLOGI USU ETNOMUSIKOLOGI ISI ETNOMUSIKOLOGI IKJ ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI ETNOMUSIKOLOGI MENURUT TIMOTHY RICE ETNOMUSIKOLOGI USU 2017 ETNOMUSIKOLOGI ISI SURAKARTA ETNOMUSIKOLOGI UNMUL ETNOMUSIKOLOGI PDF ETNOMUSIKOLOGI MENURUT SHIN NAKAGAWA ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI ADALAH ETNOMUSIKOLOGI ARTINYA ARTI ETNOMUSIKOLOGI ALUMNI ETNOMUSIKOLOGI USU ETNOMUSIKOLOG ADALAH ARTIKEL ETNOMUSIKOLOGI AKREDITASI ETNOMUSIKOLOGI USU APA ETNOMUSIKOLOGIJURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ADALAH BUKU ETNOMUSIKOLOGI BELAJAR ETNOMUSIKOLOGI LATAR BELAKANG ETNOMUSIKOLOGI JUAL BUKU ETNOMUSIKOLOGI CONTOH ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI DI USU ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA DEFINISI ETNOMUSIKOLOGI DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USDOSEN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA DISIPLIN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI DI USU  PERKEMBANGAN ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA NIP DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USU ARTI DARI ETNOMUSIKOLOGI FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI USU FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI FUNGSI ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI MENURUT GEORGE LIST ETNOMUSIKOLOGI ITU APA ILMU ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI SOLO JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI IKJ JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI USU JURNAL ETNOMUSIKOLOGI JURNAL ETNOMUSIKOLOGI USU JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI UNMUL ETNOMUSIKOLOGI ISI JOGJA KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI KURIKULUM ETNOMUSIKOLOGI USU KONSEP ETNOMUSIKOLOGI PELUANG KERJA ETNOMUSIKOLOGI PROSPEK KERJA ETNOMUSIKOLOGI ARTI KATA ETNOMUSIKOLOGI LAPANGAN KERJA ETNOMUSIKOLOGI LOWONGAN KERJA ETNOMUSIKOLOGIOBJEK KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI  UJIAN KETERAMPILAN ETNOMUSIKOLOGI LULUSAN ETNOMUSIKOLOGI PENELITIAN LAPANGAN ETNOMUSIKOLOGI RUANG LINGKUP ETNOMUSIKOLOGI PEKERJAAN LULUSAN ETNOMUSIKOLOGI MAKALAH ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA ETNOMUSIKOLOGI USU METODE ETNOMUSIKOLOGI MATERI ETNOMUSIKOLOGI MAKSUD ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI NTNUNATAL ETNOMUSIKOLOGI USU 2015  ETNOMUSIKOLOGI OG MUSIKKVITENSKAP PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI PENGANTAR ETNOMUSIKOLOGI PENDEKATAN ETNOMUSIKOLOGI




Comments

Popular posts from this blog

ETNOMUSIKOLOGI DAN ANTROPOLOGI

RIWAYAT HIDUP WILLIAM BYRD ( KOMPOSER MASA RENAISSANCE )

BUDAYA MUSIK DALAM AKTIVITAS MASYARAKAT SUKU ABORIGIN AUSTRALIA