PERAN PENELITIAN LAPANGAN DALAM DISIPLIN ETNOMUSIKOLOGI


Secara jelas dipaparkan Harjo Susilo memang bahwa tugas Etnomusikologi adalah Suatu Ilmu Musik dengan Pengkajian mengumpulkan data meneliti serta Menjadikanya sebagai Informasi atau disimpan jjika sewaktu-waktu dibutuhkan, metode lapangan dengan demikian adalah seluas masalah dalam Etnomusikologi seperti halnya dalam penelitian yang lain. Metode sangatlah dekat berhubungan dengan masalah orientasi teoretis dan meliputi desain penelitian, termasuk perumusan masalah, hipotesis, tujuan,dan teknik metodologis. Peneliti menganggap studi Etnomsikologi bukan hanya sebagai studi musik dari aspek oralnya tetapi juga dari aspek sosial, budaya, psikologi, dan estetik.
Sebuah kegiatan yang dilakukan manusia untuk mencari kebenaran adalah penelitian. Pada hakekatnya meneliti merupakan perlakuan suatu kegiatan untuk memakai kompetensi manusia di dalam segala jenis pengetahuan, ilmu, teknologi, dan mengetahui hal-hal yang baru. Untuk mencari kebenaran mengenai tahu pengetahuan yang dimiliki oleh manusia, yang datanya belum jelas, penting dilakukan penelitian, karena dengan kegiatan tersebut manusia dapat mengembangkan dan menjelaskan kompetensi dan ilmu pengetahuannya.jika Etnomusikologi hanya mengumpulkan data tanpa peran penelitian Lapangan maka data yang didapat akan kurang kuat dan tidak pasti, jika hanya menghandalkan teori-teori yang sudah ada, penelitian yang sudah ada membuat informasi yang dihasilkan agak tidak  pas karena dengan perkembangan zaman,suatu Objek yang kita teliti tak akan sama dengan penelitian sebelumnya.
Musik aering memiliki hubungan fungsional dengan kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakatnya. Musik dapat dikaji melalui peranannya dalam upacara yang biasa maupun sakral. Kajian fungsi musik dalam upacara biasa adalah musik yang dipergunakan untuk acara hiburan dimana peran musik tersebut lebih menekankan unsur keduniawian. Sedangkan upacara sakral lebih ditekankan pada unsur religi, hubungannya dengan Tuhan, arwah nenek moyang, dewa-dewa maupun roh-roh yang dianggap memiliki kekuatan gaib tergantung pada cara pandang masyarakatnya, suku atau etnis tertentu yang menjadi lahan studi kita.
Dengan konsep seperti diatas bahwa etnomusikolog belum lengkap tanpa adanya penelitian lapangan, dan bukan itu saja juga termasuk kedalamnya penelitian kepustakaan, kedua metode ini tidak dapat dipisah agar mendapatkan data yang akurat,
Dalam etnomusikologi juga ada namanya Insider dan Outsider, insider adalah masyarakat yang kita teliti sedangkan Outsider adalah kita yang meneliti dan juga bisa masyarakat dengan kebudayaan lahir yang jauh dan tak sama dengan masyarakat yang kita teliti tersebut,maka dari itu peran Penelitian Lapangan sangat penting dalam Studi etnomusikolog karena penelitian memberikan data yang lebih akurat,lebih sesuai dan sama dengan keadaan saat itu dan juga kita dapat membandingkan dengan kebudayaan pada umumnya.

Dalam situasi seperti ini, kiranya peranan etnomusikologi sebagai disiplin ilmu yang mengkaji musik dalam konteks sosial budayanya bisa membantu dalam memberikan laporan seakurat-akuratnya tentang kehidupan suatu jenis musik. Seperti halnya mengidentifikasikan masalah yang dihadapi musik dan masyarakatnya dan diharapkan dapat memberikan alternatif pemecahannya.
Demikian halnya dengan pendidikan apresiasi masyarakat, baik dalam kalangan sistem pendidikan formal dan informal kita. Etnomusikologi harus mampu dapat memberikan wawasan luas tentang berbagai khasanah musik etnis kita. Barangkali di sini perlu dibangun sebuah media alternatif dalam menyebarluaskan segala informasi khasanah-khasanah tersebut sebagai produk kajian etnomusikologi. Inilah kiranya etnomuikologi dapat menjadi jembatan antara masyarakat seni sebagai pelaku dan masyarakat penikmatnya.

Maka dari hal-hal tersebut yang terpenting adalah bagaimana etnomusikologi dapat dijadikan tolok ukur ke depan dalam mengembangkan seni kebudayaan untuk lebih eksis di tengah-tengah masyarakatnya. Musik dan masyarakatnya tidak hanya menjadi objek penelitian semata, tetapi diharapkan menjadi bagian subjek yang aktif dalam turut serta berkembang menjadi sumber daya dalam masyarakat.


Ainal syabri



ETNOMUSIKOLOGI USU ETNOMUSIKOLOGI ISI ETNOMUSIKOLOGI IKJ ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI ETNOMUSIKOLOGI MENURUT TIMOTHY RICE ETNOMUSIKOLOGI USU 2017 ETNOMUSIKOLOGI ISI SURAKARTA ETNOMUSIKOLOGI UNMUL ETNOMUSIKOLOGI PDF ETNOMUSIKOLOGI MENURUT SHIN NAKAGAWA ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI ADALAH ETNOMUSIKOLOGI ARTINYA ARTI ETNOMUSIKOLOGI ALUMNI ETNOMUSIKOLOGI USU ETNOMUSIKOLOG ADALAH ARTIKEL ETNOMUSIKOLOGI AKREDITASI ETNOMUSIKOLOGI USU APA ETNOMUSIKOLOGIJURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ADALAH BUKU ETNOMUSIKOLOGI BELAJAR ETNOMUSIKOLOGI LATAR BELAKANG ETNOMUSIKOLOGI JUAL BUKU ETNOMUSIKOLOGI CONTOH ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI DI USU ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA DEFINISI ETNOMUSIKOLOGI DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USDOSEN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA DISIPLIN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI DI USU  PERKEMBANGAN ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA NIP DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USU ARTI DARI ETNOMUSIKOLOGI FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI USU FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI FUNGSI ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI MENURUT GEORGE LIST ETNOMUSIKOLOGI ITU APA ILMU ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI SOLO JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI IKJ JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI USU JURNAL ETNOMUSIKOLOGI JURNAL ETNOMUSIKOLOGI USU JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI UNMUL ETNOMUSIKOLOGI ISI JOGJA KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI KURIKULUM ETNOMUSIKOLOGI USU KONSEP ETNOMUSIKOLOGI PELUANG KERJA ETNOMUSIKOLOGI PROSPEK KERJA ETNOMUSIKOLOGI ARTI KATA ETNOMUSIKOLOGI LAPANGAN KERJA ETNOMUSIKOLOGI LOWONGAN KERJA ETNOMUSIKOLOGIOBJEK KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI  UJIAN KETERAMPILAN ETNOMUSIKOLOGI LULUSAN ETNOMUSIKOLOGI PENELITIAN LAPANGAN ETNOMUSIKOLOGI RUANG LINGKUP ETNOMUSIKOLOGI PEKERJAAN LULUSAN ETNOMUSIKOLOGI MAKALAH ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA ETNOMUSIKOLOGI USU METODE ETNOMUSIKOLOGI MATERI ETNOMUSIKOLOGI MAKSUD ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI NTNUNATAL ETNOMUSIKOLOGI USU 2015  ETNOMUSIKOLOGI OG MUSIKKVITENSKAP PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI PENGANTAR ETNOMUSIKOLOGI PENDEKATAN ETNOMUSIKOLOGI

Comments

Popular posts from this blog

ETNOMUSIKOLOGI DAN ANTROPOLOGI

RIWAYAT HIDUP WILLIAM BYRD ( KOMPOSER MASA RENAISSANCE )

BUDAYA MUSIK DALAM AKTIVITAS MASYARAKAT SUKU ABORIGIN AUSTRALIA