PERAN PENELITIAN LAPANGAN DALAM DISIPLIN ETNOMUSIKOLOGI
Secara jelas dipaparkan Harjo Susilo memang bahwa tugas Etnomusikologi adalah Suatu Ilmu Musik dengan Pengkajian mengumpulkan data meneliti serta Menjadikanya sebagai Informasi atau disimpan jjika sewaktu-waktu dibutuhkan, metode lapangan dengan demikian adalah seluas masalah dalam Etnomusikologi seperti halnya dalam penelitian yang lain. Metode sangatlah dekat berhubungan dengan masalah orientasi teoretis dan meliputi desain penelitian, termasuk perumusan masalah, hipotesis, tujuan,dan teknik metodologis. Peneliti menganggap studi Etnomsikologi bukan hanya sebagai studi musik dari aspek oralnya tetapi juga dari aspek sosial, budaya, psikologi, dan estetik.
Sebuah
kegiatan yang dilakukan manusia untuk mencari kebenaran adalah penelitian. Pada
hakekatnya meneliti merupakan perlakuan suatu kegiatan untuk memakai kompetensi
manusia di dalam segala jenis pengetahuan, ilmu, teknologi, dan mengetahui
hal-hal yang baru. Untuk mencari kebenaran mengenai tahu pengetahuan yang
dimiliki oleh manusia, yang datanya belum jelas, penting dilakukan penelitian,
karena dengan kegiatan tersebut manusia dapat mengembangkan dan menjelaskan
kompetensi dan ilmu pengetahuannya.jika Etnomusikologi hanya mengumpulkan data
tanpa peran penelitian Lapangan maka data yang didapat akan kurang kuat dan
tidak pasti, jika hanya menghandalkan teori-teori yang sudah ada, penelitian
yang sudah ada membuat informasi yang dihasilkan agak tidak pas karena dengan perkembangan zaman,suatu
Objek yang kita teliti tak akan sama dengan penelitian sebelumnya.
Musik aering memiliki hubungan fungsional dengan kebudayaan
yang dimiliki oleh masyarakatnya. Musik dapat dikaji melalui peranannya dalam
upacara yang biasa maupun sakral. Kajian fungsi musik dalam upacara biasa
adalah musik yang dipergunakan untuk acara hiburan dimana peran musik tersebut
lebih menekankan unsur keduniawian. Sedangkan upacara sakral lebih ditekankan
pada unsur religi, hubungannya dengan Tuhan, arwah nenek moyang, dewa-dewa
maupun roh-roh yang dianggap memiliki kekuatan gaib tergantung pada cara
pandang masyarakatnya, suku atau etnis tertentu yang menjadi lahan studi kita.
Dengan konsep seperti diatas bahwa etnomusikolog belum
lengkap tanpa adanya penelitian lapangan, dan bukan itu saja juga termasuk
kedalamnya penelitian kepustakaan, kedua metode ini tidak dapat dipisah agar
mendapatkan data yang akurat,
Dalam etnomusikologi juga ada namanya Insider dan
Outsider, insider adalah masyarakat yang kita teliti sedangkan Outsider adalah
kita yang meneliti dan juga bisa masyarakat dengan kebudayaan lahir yang jauh
dan tak sama dengan masyarakat yang kita teliti tersebut,maka dari itu peran
Penelitian Lapangan sangat penting dalam Studi etnomusikolog karena penelitian
memberikan data yang lebih akurat,lebih sesuai dan sama dengan keadaan saat itu
dan juga kita dapat membandingkan dengan kebudayaan pada umumnya.
Dalam situasi seperti
ini, kiranya peranan etnomusikologi sebagai disiplin ilmu yang mengkaji musik
dalam konteks sosial budayanya bisa membantu dalam memberikan laporan
seakurat-akuratnya tentang kehidupan suatu jenis musik. Seperti halnya
mengidentifikasikan masalah yang dihadapi musik dan masyarakatnya dan
diharapkan dapat memberikan alternatif pemecahannya.
Demikian halnya
dengan pendidikan apresiasi masyarakat, baik dalam kalangan sistem pendidikan
formal dan informal kita. Etnomusikologi harus mampu dapat memberikan wawasan
luas tentang berbagai khasanah musik etnis kita. Barangkali di sini perlu
dibangun sebuah media alternatif dalam menyebarluaskan segala informasi
khasanah-khasanah tersebut sebagai produk kajian etnomusikologi. Inilah kiranya
etnomuikologi dapat menjadi jembatan antara masyarakat seni sebagai pelaku dan
masyarakat penikmatnya.
Maka dari
hal-hal tersebut yang terpenting adalah bagaimana etnomusikologi dapat
dijadikan tolok ukur ke depan dalam mengembangkan seni kebudayaan untuk lebih
eksis di tengah-tengah masyarakatnya. Musik dan masyarakatnya tidak hanya
menjadi objek penelitian semata, tetapi diharapkan menjadi bagian subjek yang
aktif dalam turut serta berkembang menjadi sumber daya dalam masyarakat.
Ainal syabri
ETNOMUSIKOLOGI USU
ETNOMUSIKOLOGI ISI ETNOMUSIKOLOGI IKJ ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI ETNOMUSIKOLOGI
MENURUT TIMOTHY RICE ETNOMUSIKOLOGI USU 2017 ETNOMUSIKOLOGI ISI SURAKARTA
ETNOMUSIKOLOGI UNMUL ETNOMUSIKOLOGI PDF ETNOMUSIKOLOGI MENURUT SHIN NAKAGAWA ETNOMUSIKOLOGI
ETNOMUSIKOLOGI ADALAH ETNOMUSIKOLOGI ARTINYA ARTI ETNOMUSIKOLOGI ALUMNI ETNOMUSIKOLOGI
USU ETNOMUSIKOLOG ADALAH ARTIKEL ETNOMUSIKOLOGI AKREDITASI ETNOMUSIKOLOGI USU
APA ETNOMUSIKOLOGIJURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ADALAH BUKU ETNOMUSIKOLOGI BELAJAR
ETNOMUSIKOLOGI LATAR BELAKANG ETNOMUSIKOLOGI JUAL BUKU ETNOMUSIKOLOGI CONTOH
ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI DI USU ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA DEFINISI
ETNOMUSIKOLOGI DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USDOSEN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA
DISIPLIN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI DI USU PERKEMBANGAN ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA NIP
DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USU ARTI DARI ETNOMUSIKOLOGI FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI USU
FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI FUNGSI ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI MENURUT GEORGE
LIST ETNOMUSIKOLOGI ITU APA ILMU ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI SOLO
JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI JURUSAN
ETNOMUSIKOLOGI IKJ JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI USU JURNAL
ETNOMUSIKOLOGI JURNAL ETNOMUSIKOLOGI USU JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI UNMUL
ETNOMUSIKOLOGI ISI JOGJA KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI KURIKULUM ETNOMUSIKOLOGI USU
KONSEP ETNOMUSIKOLOGI PELUANG KERJA ETNOMUSIKOLOGI PROSPEK KERJA ETNOMUSIKOLOGI
ARTI KATA ETNOMUSIKOLOGI LAPANGAN KERJA ETNOMUSIKOLOGI LOWONGAN KERJA
ETNOMUSIKOLOGIOBJEK KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI UJIAN KETERAMPILAN ETNOMUSIKOLOGI LULUSAN
ETNOMUSIKOLOGI PENELITIAN LAPANGAN ETNOMUSIKOLOGI RUANG LINGKUP ETNOMUSIKOLOGI PEKERJAAN
LULUSAN ETNOMUSIKOLOGI MAKALAH ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA ETNOMUSIKOLOGI USU
METODE ETNOMUSIKOLOGI MATERI ETNOMUSIKOLOGI MAKSUD ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA
ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI NTNUNATAL ETNOMUSIKOLOGI USU 2015 ETNOMUSIKOLOGI OG MUSIKKVITENSKAP PENGERTIAN
ETNOMUSIKOLOGI PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI PENGANTAR
ETNOMUSIKOLOGI PENDEKATAN ETNOMUSIKOLOGI
Comments
Post a Comment