ORIENTASI PENELITIAN ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA
Seperti kita tahu bahwa Etnomusikologi adalah Suatu Ilmu
Pengkajian Musik dalam Konteks Kebudayaan,dari mulai wilayah,masyarakat serta
Timbal baliknya,dengan Memakai Konsep Interdisipliner atau dengan mengadopsi
Ilmu ilmu Lainya Seperti Antropologi, Linguistik bahkan Psikologi, Pada awal perkembangannya, etnomusikologi merupakan
disiplin ilmu yang muncul di Eropa pada awal abad ke-20.bangsa-bangsa Eropa ke
seluruh dunia telah mengejutkan perhatian mereka bahwa ternyata bangsa-bangsa
yang dianggapnya sebagai bangsa primitif di luar Eropa itu berkebudayaan juga.
Namun dengan sempitnya persepsi dan sikap mereka memandang kebudayaan di luar
diri mereka dikategorikan sebagai bangsa-bangsa budaya non-Eropa, yang hanya
menarik untuk dipelajari dari sudut pandang antropologi, sosiologi, etnologi,
dan sebagainya, tidak menarik untuk diakui pada tingkat kebudayaan dan ilmunya.
Lantas ilmu baru ini semula diberikan dengan berbagai sebutan, misalnya
antropologi musik, etnologi musik, dan musik folklor atau bahkan folklor saja.
Bicara soal etnomusikologi tentu saja tak akan
lepas dengan namanya Penelitian Para etnomusikolog mwnyebutnya sebagai studi
lapangan, musik sebagai bagian dari budaya, dan masyarakat adalah sasarannya,
maka metode dan teknik lapangan yang dipergunakannya berasal dari antropologi
budaya. Meski hal ini belum banyak diakui para etnomusikolog, namun
kenyataannya teori-teori yang dipergunakannnya berasal dari ilmu-ilmu pada umumnya, dan teknik lapangan yang
dipinjam dari antropologi.
Pertanyaanya adalah Bagaimanakah Orientasi
Penelitian Etnomusikologi di Indonesia??
Indonesia Sangat Kaya dengan Budaya baik dari
Sisi Bahasa,Tradisi,Religi,Suku dan tentu saja kesenianya,dan menurut saya itu
semua adalah objek kajian yang harus dikuasi Etnomusikolog, terkhususnya
etnomusikolog Indonesia, Berbagai macam Tradisi musik yang banyak berhubungan
dengan Agama, Upacara-upacara adat maupun Ritual, ini adalah kewajiban para
Etnomusikolog indonesia Untuk Meneliti, Mendokumentasi, Menginterpretasinya dan
menghubungkan dengan kebudayaan pada umumnya, menjadikan Data Sebagai Ilmu bagi
masyarakat dan Otomatis berlaku sebagai Hak Paten agar tidak adanya Plagiasi
dari Oknum-oknum yang tidak bertanggung Jawab.
Dengan gambaran seperti tersebut di atas, tentu saja
penekanan pendekatan multidisilin dan interdisiplin sangat mutlak diperlukan,
dalam ilmu-ilmu seni dan tak terkecuali etnomusikologi di Indonesia. Pendekatan
multidisiplin dan interdisiplin ini juga sejiwa dengan Konsep etnmomusikologi
yang sejak berdirinya adalah hasil dari Penggabungan dua ilmu dasar,
yaitu musikologi dan antropologi.
Selain dari itu pendekatan yang demikian perlu pula melihat
dan mengaplikasikan metode dan teori yang berasal dari ilmu-ilmu bahasa, sastra,
filsafat, ilmu agama, etnokoreologi, semiotika, psikologi, sosiologi, dan
lain-lainnya. Dengan demikian akan didapati kajian yang mendalam, dan menjawab
permasalahan sosiobudaya yang dihadapi.
Pada era zaman sekarang dengan Globalisasi yang
semakin Maju, Tradisi dan Kesenian tidak sama seperti 20 tahun
kebelakang,Kebudayaan semakin Pudar dibeberapa kebanyakan daerah, Maksudnya
tiap Tradisi kehilangan Bagian bagian tertentu dari Strukturnya, Begitu pula
dengan musik, Masuknya budaya Musik Populer dengan begitu cepat membuat sebagian
masyarakat berkiblat kesana dengan menganggap kesenianya Primitif.
Musik Populer Walaupun dikatakan “Populer” belum
tentu tidak bisa menjadi Objek Kajian Etnomusikologi, karena Populer dalam KBBI
Berarti Sesuatu yang disukai,Digemari pada masanya. Ya “Pada Masanya” dan tidak
tertutup kemungkinan bahwa pada masa tertentu akan menjadi Pembahasan
Etnomusikolog yang sangat langka ataupun unik, namun yang menjadi Acuan
etnomusikolog di Indonesia adalah bagaimana Budaya asli Indonesia Khususnya
Musik-musik Tradisi budaya tiap-tiap tetap ada dan berada dilingkungan
masyarakatnya.
Ainal Syabri
ETNOMUSIKOLOGI USU
ETNOMUSIKOLOGI ISI ETNOMUSIKOLOGI IKJ ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI ETNOMUSIKOLOGI
MENURUT TIMOTHY RICE ETNOMUSIKOLOGI USU 2017 ETNOMUSIKOLOGI ISI SURAKARTA
ETNOMUSIKOLOGI UNMUL ETNOMUSIKOLOGI PDF ETNOMUSIKOLOGI MENURUT SHIN NAKAGAWA ETNOMUSIKOLOGI
ETNOMUSIKOLOGI ADALAH ETNOMUSIKOLOGI ARTINYA ARTI ETNOMUSIKOLOGI ALUMNI ETNOMUSIKOLOGI
USU ETNOMUSIKOLOG ADALAH ARTIKEL ETNOMUSIKOLOGI AKREDITASI ETNOMUSIKOLOGI USU
APA ETNOMUSIKOLOGIJURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ADALAH BUKU ETNOMUSIKOLOGI BELAJAR
ETNOMUSIKOLOGI LATAR BELAKANG ETNOMUSIKOLOGI JUAL BUKU ETNOMUSIKOLOGI CONTOH
ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI DI USU ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA DEFINISI
ETNOMUSIKOLOGI DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USDOSEN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA
DISIPLIN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI DI USU PERKEMBANGAN ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA NIP
DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USU ARTI DARI ETNOMUSIKOLOGI FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI USU
FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI FUNGSI ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI MENURUT GEORGE
LIST ETNOMUSIKOLOGI ITU APA ILMU ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI SOLO
JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI JURUSAN
ETNOMUSIKOLOGI IKJ JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI USU JURNAL
ETNOMUSIKOLOGI JURNAL ETNOMUSIKOLOGI USU JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI UNMUL
ETNOMUSIKOLOGI ISI JOGJA KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI KURIKULUM ETNOMUSIKOLOGI USU
KONSEP ETNOMUSIKOLOGI PELUANG KERJA ETNOMUSIKOLOGI PROSPEK KERJA ETNOMUSIKOLOGI
ARTI KATA ETNOMUSIKOLOGI LAPANGAN KERJA ETNOMUSIKOLOGI LOWONGAN KERJA
ETNOMUSIKOLOGIOBJEK KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI UJIAN KETERAMPILAN ETNOMUSIKOLOGI LULUSAN
ETNOMUSIKOLOGI PENELITIAN LAPANGAN ETNOMUSIKOLOGI RUANG LINGKUP ETNOMUSIKOLOGI PEKERJAAN
LULUSAN ETNOMUSIKOLOGI MAKALAH ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA ETNOMUSIKOLOGI USU
METODE ETNOMUSIKOLOGI MATERI ETNOMUSIKOLOGI MAKSUD ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA
ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI NTNUNATAL ETNOMUSIKOLOGI USU 2015 ETNOMUSIKOLOGI OG MUSIKKVITENSKAP PENGERTIAN
ETNOMUSIKOLOGI PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI PENGANTAR
ETNOMUSIKOLOGI PENDEKATAN ETNOMUSIKOLOGI
Comments
Post a Comment