ORIENTASI PENELITIAN ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA

Seperti kita tahu bahwa Etnomusikologi adalah Suatu Ilmu Pengkajian Musik dalam Konteks Kebudayaan,dari mulai wilayah,masyarakat serta Timbal baliknya,dengan Memakai Konsep Interdisipliner atau dengan mengadopsi Ilmu ilmu Lainya Seperti Antropologi, Linguistik bahkan Psikologi, Pada awal perkembangannya, etnomusikologi merupakan disiplin ilmu yang muncul di Eropa pada awal abad ke-20.bangsa-bangsa Eropa ke seluruh dunia telah mengejutkan perhatian mereka bahwa ternyata bangsa-bangsa yang dianggapnya sebagai bangsa primitif di luar Eropa itu berkebudayaan juga. Namun dengan sempitnya persepsi dan sikap mereka memandang kebudayaan di luar diri mereka dikategorikan sebagai bangsa-bangsa budaya non-Eropa, yang hanya menarik untuk dipelajari dari sudut pandang antropologi, sosiologi, etnologi, dan sebagainya, tidak menarik untuk diakui pada tingkat kebudayaan dan ilmunya. Lantas ilmu baru ini semula diberikan dengan berbagai sebutan, misalnya antropologi musik, etnologi musik, dan musik folklor atau bahkan folklor saja.
Bicara soal etnomusikologi tentu saja tak akan lepas dengan namanya Penelitian Para etnomusikolog mwnyebutnya sebagai studi lapangan, musik sebagai bagian dari budaya, dan masyarakat adalah sasarannya, maka metode dan teknik lapangan yang dipergunakannya berasal dari antropologi budaya. Meski hal ini belum banyak diakui para etnomusikolog, namun kenyataannya teori-teori yang dipergunakannnya berasal dari ilmu-ilmu  pada umumnya, dan teknik lapangan yang dipinjam dari antropologi.
Pertanyaanya adalah Bagaimanakah Orientasi Penelitian Etnomusikologi di Indonesia??
Indonesia Sangat Kaya dengan Budaya baik dari Sisi Bahasa,Tradisi,Religi,Suku dan tentu saja kesenianya,dan menurut saya itu semua adalah objek kajian yang harus dikuasi Etnomusikolog, terkhususnya etnomusikolog Indonesia, Berbagai macam Tradisi musik yang banyak berhubungan dengan Agama, Upacara-upacara adat maupun Ritual, ini adalah kewajiban para Etnomusikolog indonesia Untuk Meneliti, Mendokumentasi, Menginterpretasinya dan menghubungkan dengan kebudayaan pada umumnya, menjadikan Data Sebagai Ilmu bagi masyarakat dan Otomatis berlaku sebagai Hak Paten agar tidak adanya Plagiasi dari Oknum-oknum yang tidak bertanggung Jawab.
Dengan gambaran seperti tersebut di atas, tentu saja penekanan pendekatan multidisilin dan interdisiplin sangat mutlak diperlukan, dalam ilmu-ilmu seni dan tak terkecuali etnomusikologi di Indonesia. Pendekatan multidisiplin dan interdisiplin ini juga sejiwa dengan Konsep etnmomusikologi yang sejak berdirinya  adalah hasil dari Penggabungan dua ilmu dasar, yaitu musikologi dan antropologi.
Selain dari itu pendekatan yang demikian perlu pula melihat dan mengaplikasikan metode dan teori yang berasal dari ilmu-ilmu bahasa, sastra, filsafat, ilmu agama, etnokoreologi, semiotika, psikologi, sosiologi, dan lain-lainnya. Dengan demikian akan didapati kajian yang mendalam, dan menjawab permasalahan sosiobudaya yang dihadapi.
Pada era zaman sekarang dengan Globalisasi yang semakin Maju, Tradisi dan Kesenian tidak sama seperti 20 tahun kebelakang,Kebudayaan semakin Pudar dibeberapa kebanyakan daerah, Maksudnya tiap Tradisi kehilangan Bagian bagian tertentu dari Strukturnya, Begitu pula dengan musik, Masuknya budaya Musik Populer dengan begitu cepat membuat sebagian masyarakat berkiblat kesana dengan menganggap kesenianya Primitif.

Musik Populer Walaupun dikatakan “Populer” belum tentu tidak bisa menjadi Objek Kajian Etnomusikologi, karena Populer dalam KBBI Berarti Sesuatu yang disukai,Digemari pada masanya. Ya “Pada Masanya” dan tidak tertutup kemungkinan bahwa pada masa tertentu akan menjadi Pembahasan Etnomusikolog yang sangat langka ataupun unik, namun yang menjadi Acuan etnomusikolog di Indonesia adalah bagaimana Budaya asli Indonesia Khususnya Musik-musik Tradisi budaya tiap-tiap tetap ada dan berada dilingkungan masyarakatnya.


Ainal Syabri


ETNOMUSIKOLOGI USU ETNOMUSIKOLOGI ISI ETNOMUSIKOLOGI IKJ ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI ETNOMUSIKOLOGI MENURUT TIMOTHY RICE ETNOMUSIKOLOGI USU 2017 ETNOMUSIKOLOGI ISI SURAKARTA ETNOMUSIKOLOGI UNMUL ETNOMUSIKOLOGI PDF ETNOMUSIKOLOGI MENURUT SHIN NAKAGAWA ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI ADALAH ETNOMUSIKOLOGI ARTINYA ARTI ETNOMUSIKOLOGI ALUMNI ETNOMUSIKOLOGI USU ETNOMUSIKOLOG ADALAH ARTIKEL ETNOMUSIKOLOGI AKREDITASI ETNOMUSIKOLOGI USU APA ETNOMUSIKOLOGIJURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ADALAH BUKU ETNOMUSIKOLOGI BELAJAR ETNOMUSIKOLOGI LATAR BELAKANG ETNOMUSIKOLOGI JUAL BUKU ETNOMUSIKOLOGI CONTOH ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI DI USU ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA DEFINISI ETNOMUSIKOLOGI DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USDOSEN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA DISIPLIN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI DI USU  PERKEMBANGAN ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA NIP DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USU ARTI DARI ETNOMUSIKOLOGI FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI USU FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI FUNGSI ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI MENURUT GEORGE LIST ETNOMUSIKOLOGI ITU APA ILMU ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI SOLO JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI IKJ JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI USU JURNAL ETNOMUSIKOLOGI JURNAL ETNOMUSIKOLOGI USU JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI UNMUL ETNOMUSIKOLOGI ISI JOGJA KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI KURIKULUM ETNOMUSIKOLOGI USU KONSEP ETNOMUSIKOLOGI PELUANG KERJA ETNOMUSIKOLOGI PROSPEK KERJA ETNOMUSIKOLOGI ARTI KATA ETNOMUSIKOLOGI LAPANGAN KERJA ETNOMUSIKOLOGI LOWONGAN KERJA ETNOMUSIKOLOGIOBJEK KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI  UJIAN KETERAMPILAN ETNOMUSIKOLOGI LULUSAN ETNOMUSIKOLOGI PENELITIAN LAPANGAN ETNOMUSIKOLOGI RUANG LINGKUP ETNOMUSIKOLOGI PEKERJAAN LULUSAN ETNOMUSIKOLOGI MAKALAH ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA ETNOMUSIKOLOGI USU METODE ETNOMUSIKOLOGI MATERI ETNOMUSIKOLOGI MAKSUD ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI NTNUNATAL ETNOMUSIKOLOGI USU 2015  ETNOMUSIKOLOGI OG MUSIKKVITENSKAP PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI PENGANTAR ETNOMUSIKOLOGI PENDEKATAN ETNOMUSIKOLOGI

Comments

Popular posts from this blog

ETNOMUSIKOLOGI DAN ANTROPOLOGI

RIWAYAT HIDUP WILLIAM BYRD ( KOMPOSER MASA RENAISSANCE )

BUDAYA MUSIK DALAM AKTIVITAS MASYARAKAT SUKU ABORIGIN AUSTRALIA