BUDAYA MUSIK DALAM AKTIVITAS MASYARAKAT SUKU ABORIGIN AUSTRALIA


Musik tradisional  asli Australia memiliki banyak makna bagi budaya mereka. Musik digunakan di seluruh kehidupan penduduk asli untuk mengajarkan apa yang harus diketahui tentang budaya mereka, tentang tempat mereka di dalamnya, dan tentang tempatnya di dunia alam dan supernatural. Sebagai anak yang sangat muda, orang pribumi didorong untuk menari dan bernyanyi tentang tugas sehari-hari, seni dan tari adalah bagian penting dari budaya Aborigin karena mereka mengunakan sebagai cara untuk berkomunikasi.

Dalam sebuah Jurnal Aboriginal Sound Instrument oleh Alice M. Moyle yang diterbitkan oleh Australian Institute of Aboriginal and Torres Strait Islander Studies juga menjelaskan bahwa anak-anak suku Aborigin diajarkan tentang budaya mereka pada usia yang sangat muda melalui musik, tari dan seni. Mereka memiliki lagu untuk setiap kesempatan; berburu lagu, lagu-lagu pemakaman, gosip dan lagu-lagu leluhur, pemandangan, hewan, musim, mitos dan legenda. Dalam beberapa kelompok Aborigin, musik, tarian, dan upacara tradisional masih dikenal hingga saat ini.
Dan jurnal diatas juga menjelaskan Lagu dan tarian sering digunakan dalam upacara dan acara-acara khusus. Dipercaya bahwa lagu-lagu dan tarian ini berasal dari Mimpi. Kelompok masyarakat percaya jika lagu itu memiliki informasi penting tentang sejarah asal mula wilayah mereka diciptakan. Lagu-lagu digunakan untuk mengarahkan orang ke tempat-tempat tertentu, seperti peta. Dalam komunitas tradisional, lagu dilihat sebagai salah satu bentuk komunikasi yang paling penting dan dihargai oleh anggota suku.
Dalam suku aborigin musik, nyanyian, ataupun tari tradisional digunakan untuk mengajarkan orang-orang tentang bagian-bagian penting dari budaya mereka. Mereka dapat belajar tentang hukum mereka, sejarah mereka, dan bahkan di mana menemukan makanan dan air melalui lagu, orang-orang Aborigin dapat belajar tentang moral dan nilai-nilai serta peran dan tanggung jawab melalui seni musik tradisional mereka              
Bagi orang Aborigin Australia, musik dipahami secara alami dan merupakan bagian integral dari kehidupan. Di barat, sebaliknya, musik cenderung dipisahkan dari kehidupan. Misalnya, seorang siswa musik Barat harus belajar "memahami" suatu karya musik yang tersusun, seperti musik musik klasik Beethoven,Bach dan lain lain, dan membuat mempelajari  musik menjadi unsur-unsur studi individual.
Masyarakat Aborigin hidup dengan cara berburu dan mencari ikan. Mereka berburu binatang liar seperti kanguru, dengan tombak, panah, dan bumerang (senjata khas orang Aborigin). Di daerah yang beriklim dingin, kulit kanguru ini digunakan sebagai bahan pakaian. Ilmu bercocok tanam dan beternak belum dikenal, karenanya kelompok anak suku aborigin tidak pernah berkelana jauh dari sumber-sumber air atau sungai.Mereka juga tidak pernah tinggal lama di suatu daerah. Rumahnya amat sederhana, terbuat dari susunan ranting pohon dan dedaunan. Dalam kehidupan sosial dan pemerintahan mereka dipimpin oleh kepala suku yang biasanya juga merangkap sebagai dukun suku itu. Kepala suku juga memimpin upacara keagamaan dan perkawinan.

Salah satu lainya yang membuat musik menjadi bagian dari aktivitas suku Aborigin australia adalah banyaknya macam macam ritual adat yang menggunakan musik sebagai perantaranya dikutip dari Buku Australia Aboriginal Music by ISSAC yang dipublish oleh Aboriginal Artists Agency (1979) 
Upacara Kulama yaitu perayaan kehidupan dan melibatkan tiga hari tiga malam lukisan tubuh ritual, menyanyi dan menari lengkap dengan makan ubi rambat menurut kebiasaan ritual. lingkaran konsentris sering muncul sebagai elemen utama dari pola Tiwi kontemporer, mewakili lingkaran yang dibuat. The Pukumani juga sebuah upacara publik dan menyediakan sebuah forum untuk ekspresi artistik melalui lagu, tari, patung dan lukisan tubuh. Upacara ini terjadi kira-kira enam bulan setelah almarhum telah dimakamkan
Dan yang lainya ritual The yam Kulama yaitu upacara inisiasi, Selama Kulama lagu baru dan tarian dilakukan. Komposisi lagu dan tarian secara tradisional salah satu tugas dari inisiat baru. Karena perubahan, mungkin hanya dalam dua dekade terakhir, inisiasi tidak lagi menjadi bagian dari upacara Kulama atau bagian dari struktur Tiwi sosial. Pertunjukan lagu dan tarian mengungkapkan keinginan dan keinginan peserta untuk masa depan yang sehat dan sejahtera.
Beberapa paparan diatas menjelaskan bahwa musik menjadi peranan penting dihati masyarakat Suku Aborigin baik dari segi spritual,sampai hiburan budaya musik tersebut sudah tertanam dihati masyarakat suku ini,hingga pada masa sekarang dengan populasi masyarakat suku yang semakin sedikit masyarakat suku aborigin tetap menjalankan ritual dan melestarikanya hanya tidak sama seperti dulu, Dikutip dari halaman Web www.Brilio.net bahwa disana dijelaskan bahwa suku Aborigin asli Australia terasingkan dinegri sendiri, penjelasanya cukup menarik disana dikatakan di era serba moderen masyarakat atau penduduk asli 99% australia disurvei dan di cap hampir punah, dengan tradisi yang sukar menerima perkembangan zaman membuat Suku Aborigin mengasingkan diri dari masyarakat disana. Saya sedikit kurang setuju dengan pernyataan ini karena ada juga beberapa kelompok atau individu suku Aborigin yang mencari penghidupan baru maupun wilayah lain, dengan mencari pekerjaan, berbaur dengan masyarakat lain, tetapi demikian adat dan tradisi yang dipelajari sedari kecil terus dilestarikan. Walapun sulit dalam menerima perkembangan zaman tetapi masyarakat Suku Aborigin tetap mempertahankan budaya tradisi khususnya musik tradisional.




Ainal Syabri.

ETNOMUSIKOLOGI USU ETNOMUSIKOLOGI ISI ETNOMUSIKOLOGI IKJ ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI ETNOMUSIKOLOGI MENURUT TIMOTHY RICE ETNOMUSIKOLOGI USU 2017 ETNOMUSIKOLOGI ISI SURAKARTA ETNOMUSIKOLOGI UNMUL ETNOMUSIKOLOGI PDF ETNOMUSIKOLOGI MENURUT SHIN NAKAGAWA ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI ADALAH ETNOMUSIKOLOGI ARTINYA ARTI ETNOMUSIKOLOGI ALUMNI ETNOMUSIKOLOGI USU ETNOMUSIKOLOG ADALAH ARTIKEL ETNOMUSIKOLOGI AKREDITASI ETNOMUSIKOLOGI USU APA ETNOMUSIKOLOGIJURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ADALAH BUKU ETNOMUSIKOLOGI BELAJAR ETNOMUSIKOLOGI LATAR BELAKANG ETNOMUSIKOLOGI JUAL BUKU ETNOMUSIKOLOGI CONTOH ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI DI USU ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA DEFINISI ETNOMUSIKOLOGI DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USDOSEN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA DISIPLIN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI DI USU  PERKEMBANGAN ETNOMUSIKOLOGI DI INDONESIA NIP DOSEN ETNOMUSIKOLOGI USU ARTI DARI ETNOMUSIKOLOGI FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI USU FAKULTAS ETNOMUSIKOLOGI FUNGSI ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI MENURUT GEORGE LIST ETNOMUSIKOLOGI ITU APA ILMU ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI SOLO JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI YOGYAKARTA JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI IKJ JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI USU JURNAL ETNOMUSIKOLOGI JURNAL ETNOMUSIKOLOGI USU JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI UNMUL ETNOMUSIKOLOGI ISI JOGJA KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI KURIKULUM ETNOMUSIKOLOGI USU KONSEP ETNOMUSIKOLOGI PELUANG KERJA ETNOMUSIKOLOGI PROSPEK KERJA ETNOMUSIKOLOGI ARTI KATA ETNOMUSIKOLOGI LAPANGAN KERJA ETNOMUSIKOLOGI LOWONGAN KERJA ETNOMUSIKOLOGIOBJEK KAJIAN ETNOMUSIKOLOGI  UJIAN KETERAMPILAN ETNOMUSIKOLOGI LULUSAN ETNOMUSIKOLOGI PENELITIAN LAPANGAN ETNOMUSIKOLOGI RUANG LINGKUP ETNOMUSIKOLOGI PEKERJAAN LULUSAN ETNOMUSIKOLOGI MAKALAH ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA ETNOMUSIKOLOGI USU METODE ETNOMUSIKOLOGI MATERI ETNOMUSIKOLOGI MAKSUD ETNOMUSIKOLOGI MAHASISWA ETNOMUSIKOLOGI ETNOMUSIKOLOGI NTNUNATAL ETNOMUSIKOLOGI USU 2015  ETNOMUSIKOLOGI OG MUSIKKVITENSKAP PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI PENGERTIAN ETNOMUSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI PENGANTAR ETNOMUSIKOLOGI PENDEKATAN ETNOMUSIKOLOGI

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH SINGKAT ISTILAH ETNOMUSIKOLOGI

RIWAYAT HIDUP WILLIAM BYRD ( KOMPOSER MASA RENAISSANCE )

ETNOMUSIKOLOGI DAN ANTROPOLOGI